Layaknya Pemilu SMPN 1 Ciomas Adakan Pemilihan Ketua OSIS

Minggu 15-10-2023,20:09 WIB
Reporter : Dharmawan
Editor : UG DANI

Bogor, AktualNews-Pemilihan Ketua OSIS SMP Negeri 1 Ciomas  Masa Bakti Tahun 2023/2024, dilaksanakan dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, hal mana pemilihan dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga sekolah. 

Tahapan-tahapan Pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon Ketua OSIS yang dipilih dari peserta didik  kelas VIII, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Para calon Ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilakukan.

Tahapan tersebut mulai dari jadwal pendaftaran/penjaringan, verifikasi data calon, pengundian nomor urut, masa kampanye, penyampaian visi & misi kandidat, hari pencoblosan, hingga acara pelantikan dan sertijab (serah terima jabatan). 

BACA JUGA:Pemilihan Ketua RT di Pangkat Jayanti Bukti Demokrasi Tetap Terjaga di Masyarakat

Tersebut disampaikan PKS Kesiswaan Cucu Sopanti yang juga selaku Pembina OSIS SMPN 1 Ciomas, ditengah pelaksanaan.

Ia menambahkan bahwa setelah melalui beberapa tahapan Pasasangan Calo Ketua OSIS SMPN 1 Ciomas maka pada hari ini kita laksanakan Pemilihan Ketua OSIS SMPN 1 Ciomas untuk Priode Tahun 2023-2024

"Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS yang kita sebut Pilketos ini diharapkan bisa membekali dan mendidik siswa menjadi tahu bagaimana pemilihan umum di Indonesia terlaksana, Pilketos menjadi pembelajaran bagaimana pemilu yang sebenarnya," jelasnya. 

BACA JUGA:Pengamat: Indeks Demokrasi Indonesia Tahun 2020 Dalam Posisi Terendah

Ia menyebut Pilketos diikuti sejumlah 1256 siswa dan 57 guru, untuk tempat pencoblosan ada 3 TPS  yaitu TPS 1 untuk siswa kelas 7, TPS 2 siswa kelas 8 dan TPS 3 siswa kelas 9, sedang pemilih Guru tersebar untuk 3 TPS tersebut. 

Pilketos diikuti 3 Kandidat Pasangan Calon atau Paslon yakni Paslon Nomor 1 Muhammad Adyaraka Putra Pratama dan  Rizka Aurelia Mahali, Paslon Nomor 2 Muhmad Hanif Nursadina dan Queensha Maurent Azalea, dan Paslon Nomor 3 Safwan Vavian Fuaddi Mukia Rizki Putri Sanggana. 

BACA JUGA:Separatisme dalam Demokrasi Indonesia

Pelaksanaan Pilketos berjalan dengan lancar dan memastikan proses demokrasi di sekolah melalui Pemilu Ketua OSIS dilakukan secara Jurdil (Jujur dan Adil), sebagaimana layaknya Pemilihan Umum.  

Pilketos dimenangkan Pasangan Calon Nomor urut 1 yaitu Muhammad Adyaraka Pratama  menjadi Ketua dan  Rizka Aurelia Mahali sebagai Wakil Ketua OSIS SMPN 1 Ciomas Priode Tahun 2023-2024, dengan perolehan suara mencapai 600 suara, sementara Paslon nomor 3 peroleh 459 suara dan Paslon nomor 3 peroleh 52 suara.***

Tags :
Kategori :

Terkait