Tekan Lonjakan Harga Beras, Bulog Salurkan Bantuan Beras ke 70.592KPM di 17 Kecamatan Se Kabupaten Karanganyar

Selasa 10-10-2023,13:05 WIB
Reporter : Dawam
Editor : Rosis Aditya

Karanganyar, AktualNews - Sejumlah tujuh puluh ribu lima ratus sembilan puluh dua (70.592) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 17 Kecamatan se Kabupaten Karanganyar menerima bantuan pangan berupa beras masing masing sebanyak 10 kg/bulan selama tiga bulan mulai September, Oktober dan November.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan Badan Urusan Logistik (BULOG) Kota Surakarta, Andri Nugroho pada pelaksanaan kegiatan pemberangkatan truk bulog dan penyerahan bantuan beras yang berlangsung di Pendopo RM. Said Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (10/10/2023) pagi.

Andri mengatakan penyaluran bantuan pangan beras CPB ini untuk tahap kedua, karena yang tahap pertama telah disalurkan selama tiga bulan yang dialokasikan pada bulan Maret, April dan Mei kemarin.

”Jadi saat itu pas waktu puasa dan pasca lebaran, dan tahap kedua ini kita mulai bulan September, Oktober, November dan informasi awal bisa sampai Desember 2023. Namun, untuk saat ini yang kita siapkan dan ada perintah dari BAPPENAS alokasi untuk bulan September, Oktober, November dan untuk Karanganyar ini secara kuantum 705 ton/bulan selama tiga bulan,” terangnya.

BACA JUGA:Tawarkan Program Strategis di Munas MAI: Sylviana Murni Terpilih Jadi Ketum Periode 2023-2027

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan bantuan pangan tahap dua ini untuk mengantisipasi kenaikan harga beras yang memang saat ini mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Tentunya selain ada penyaluran pangan untuk masyarakat yang sudah terdaftar, dari PERUMBULOG ada program stabilisasi harga dengan menggandeng Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Dinas Sosial yakni Gerakan Pangan Murah dengan sasaran untuk keluarga penerima bantuan pangan.

“Harapannya semua bisa mendapatkan akses terhadap beras meskipun saat ini terjadi lonjakan harga beras,” imbuhnya.

Sementara itu pada waktu yang sama Bupati Karanganyar menyambut baik dan mengapresiasi Perum BULOG dan semua pihak yang telah bekerja sama dengan baik untuk dapat menyalurkan bantuan pangan ini ke warga masyarakat Karanganyar.

BACA JUGA:Tolak Pembatasan Wacana Jam Kerja, Ojol Gruduk Kantor Kemenaker

“Hari ini kita distribusikan bantuan Pemerintah berupa beras masing masing 10 kg untuk 70 ribu lebih keluarga penerima manfaat se Kabupaten guna mengurangi biaya kemahalan harga beras yang sekarang melonjak. Pasalnya ini bersifat nasional karena kekeringan luar biasa, gagal panen, perkiraan awal awal november hujan,” tuturnya.

Bupati berharap dengan pendistribusian bantuan beras ini dapat menguatkan masyarakat Karanganyar sejumlah 70.592 KPM menjadi sejahtera tercukupi dengan baik disamping menyeimbangkan harga beras. 

BACA JUGA:PKKMB Meriah, Rektor USI Berpesan Jaga Nama Baik Kampus

Menurutnya ini menunjukkan Pemerintah serius untuk menekan harga beras yang mulai merangkak naik. 

“Terima kasih, mudah mudahan hari ini lancar terdistribusi dengan baik dan jangan dijual lagi. Menjadi bekal yang menguatkan menggembirakan untuk masyrakat Karanganyar. Semoga sejaktera dan segera turun hujan,” harapannya dihadapan para KPM.***

Kategori :