Usulan Pilkada 2024 Dipercepat, Pj Gubernur Sumut Beri Tanggapan

Jumat 29-09-2023,17:34 WIB
Reporter : Ansary
Editor : Rosis Aditya

Medan, AktualNews - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin mengatakan hingga kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut masih tetap melaksanakan progres pembangunan jelang PON 2024.

Kata dia, usulan Perppu Pilkada 2024 dipercepat yang didengungkan Mendagri Tito Karnavian pada September mendatang, pihaknya akan menyesuaikan aturan. Penyesuaian itu nantinya setelah melihat hasil akhir keputusan Pemerintah Pusat.

“Sampai sekarang proses agendanya tetap berjalan,” ucapnya di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (29/9/23).

BACA JUGA:Mobil Avanza Sewaan, Diduga Dibawa Kabur Teman Penumpang

“Namun demikian ada nanti regulasi yang mengatur itu. Kita akan sesuaikan. Sampai sekarang masih tetap melaksanakan sesuai dengan progres yang ada,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian mengusulkan Perppu Pilkada 2024 dimajukan pada September, dua bulan lebih cepat dari yang ditentukan. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memastikan wacana percepatan Pilkada itu tidak menjadi suatu permasalahan pada penyelenggaraan PON.

BACA JUGA:OYO Siapkan Akomodasi Bagi Atlet Liga 3 Sepak Bola melalui Kemitraan dengan KONI

“Tidak ada masalah, PON (ini) siap terus. Jika mundur seminggu tentu program sebulan itu juga harus dimundurkan. Kita ikut saja, ikut aturan dari pemerintah pusat bagaimana nanti keputusan akhirnya,” ucap Ketua KONI Sumut, John Ismadi.

Untuk diketahui, pengusulan penyesuaian terhadap Undang-undang yang mengatur tentang Pilkada itu disampaikan Tito dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi II DPR RI, Bawaslu, KPU di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pekan lalu.

Mantan Kapolri itu menyebut, salah satu percepatan Pilkada untuk memastikan tidak ada kekosongan kepala daerah pada awal Januari 2025 mendatang.***

Kategori :