Diskominfo Kabupaten Karanganyar Menggelar Sisialusasi Informasi Keamanan Kabupaten Karanganyar

Selasa 19-09-2023,13:27 WIB
Reporter : Dawam
Editor : Rosis Aditya

Karanganyar, AktualNews - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar menggelar sosialisasi keamanan informasi Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran bagi tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan pentingnya keamanan informasi dalam mengambil kebijakan.

Sosialisasi keamanan informasi Kabupaten Karanganyar digelar di Jawa Dwipa Heritage Resort and Covention di Karangpandan Karanganyar, Selasa (19/9). 

Kegiatan yang diikuti para admin tiap OPD dan bagian administratif menghadirkan Sekretarias Daerah (Sekda) Karanganyar Timotius Suryadi dan narasumber Winarno Dosen Informatika UNS.

BACA JUGA:Amartha Kolaborasi dengan IFC Salurkan Permodalan Hingga 3 Triliun Rupiah untuk Perempuan Pngusaha Ultra Mikro

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Karanganyar Isnan Nur Aziz  mengatakan informasi saat ini menjadi aset berharga. Karena perlu adanya kesadaran bersama dalam menjaga keamanan informasi agar tidak mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Tujuan Sosialisasi keamanan informasi ini meliputi kerahasiaan, ketersediaan dan integrasi. Harapannya semua data di Karanganyar tersedia dan terintegrasi.

"Informasi menjadi hal penting dan dapat digunakan dalam mengambil kebijakan. Penting adanya kesadaran bersama dalam menjaga data maupun informasi," katanya.

Sementara itu Timotius Siryadi selaku Sekda Karanganyar mengatakan perkembangan dunia informasi berkembang pesat. Dunia telah berubah karena semua membangun jejaring dan dukungan masyarakat dengan internet melalui website serta media sosial.


--

BACA JUGA:Hari Jadi ke 46 Perumda Air Minum Tirta Merapi Kabupaten Klaten Sabet BUMD AWARD Kategori Bintang Lima

"Masing-masing OPD harus dapat mengelola media sosial dan website dengan baik. Berikan informasi dan respon cepat atas aduan atau informasi yang diberikan kepada masyarakat," katanya.

Sekda juga berpesan bagi para admin medsos dan website OPD agar memberi respon cepat dan informatif bagi masyarakat. Respon cepat sangat diperlukan agar aduan atau informasi dari masyarakat dapat segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait atau pemegang kebijakan.

"Jangan memberi kesan menggurui. Karena admin bukan pengambil kebijakan," pesannya.***

Kategori :