Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, SMK Kusuma Bangsa Bogor Kembali Laksanakan Market Day dan Gelar Karya

Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, SMK Kusuma Bangsa Bogor Kembali Laksanakan Market Day dan Gelar Karya

--

Bogor, AktualNews - Berlangsung meriah siswa-siswi SMK Kusuma Bangsa Bogor ikuti giat Market Day dan Gelar Karya yang dilaksanakan diarea lapangan sekolah, Rabu (13/12). 

Hadir dalam giat tersebut Pimpinan Yayasan Kusuma Bangsa yang menaungi SMP - SMK Kusuma Bangsa Bogor, Kepala SMK Kusuma Bangsa Bogor, Pengawas Pembina SMK, Camat Ciomas, Kapolsek Ciomas, Kades Kota Batu, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan undangan lainnya. 

Kegiatan Market Day dan Gelar Karya merupakan Implementasi dari P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka tentang Kewirausahaan.

Ditengah kegiatan Kepala SMK Kusuma Bangsa Bogor Idris S.Kom, M.Pd, kepada awak media menjelaskan bahwa ini adalah Festival Kewirausahaan dan Apresiasi Seni yang disebut dengan Market Day dan Gelar Karya. 

Market Day dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan kewirausahaan, menumbuh kembangkan jiwa enterpreneur ship kemudian menguatkan karakter seperti kemandirian, semangat belajar, pantang menyerah, kolaboratif, disiplin, tanggung jawab, sportif, dan lainnya. 

"Di Market Day dan Gelar Karya ini ada 3 kegiatan utama yaitu Bazar, Ekspresi Seni Budaya dan Seminar Kewirausahaan yang bekerja sama dengan UMKM peserta yang kita undang siswa/siswi SMP dan SMK," jelas Idris. 

Untuk Bazar sendiri lanjutnya diikuti oleh semua siswa dari semua jurusan yang ada, terdiri dari 23 Stand, masing-masing kelas memiliki Stand sesuai dengan temanya masing-masing yang menjajakan Tradisional Food juga Modern Food. 

Selain itu ada juga khususnya jurusan MM membuka Phota Booth dan Bioskop Mini, kemudian Jurusan Tehnik Sepeda Motor ada bengkel kerjasama dengan AHASS. 

"Outputnya agar jiwa kewirausahaan itu tumbuh, karena kita melihat data statistik peminat menjadi wirausaha itu sedikit, jadi ini dalam upaya meningkatkan keweirausahaan agar jauh lebih tinggi dibanding dengan ssbelum-sebelumnya," tegasnya. 

Camat Ciomas Chairuka Djudhyanto sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Market Day SMK Kusuma Bangsa. 

"Karena kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat Kewirausahaan bagi siswa/siswi SMK Kusuma Bangsa," ucap Chairuka. 

Dia menyebut SMK Kusuma Bangsa merupakan salah satu SMK yang membina Leadership, membina Kewirausahaan Mandiri, kedepannya bisa mencetak para pengusaha di Kecamatan Ciomas. 

"Harapannya sesuai dengan tujuan SMK Kusuma Bangsa menciptakan kemandirian siswa dan tidak bergantung kepada orang lain," ujarnya. 

Sisi lain Kades Kota Batu Ratna Wulansari sangat bersyukur diadakannya Market Day SMK Kusuma Bangsa yang ada di wilayah Desa Kota Batu, ia berpesan agar siswa/siswi SMK Kusuma Bangsa Bogor terus dapat meningkatkan prestasi, berwirausaha, makin banyak inovasi, makin banyak kegiatan-kegiatan untuk memajukan anak-anak dimasa akan datang. 

Sumber: