Jokowi Beri Bantuan Pengungsi Rohingnya dan Mengutamakan Kepentingan Masyarakat Lokal

Jokowi Beri Bantuan Pengungsi Rohingnya dan  Mengutamakan Kepentingan Masyarakat Lokal

--

Jokowi Beri Bantuan Pengungsi Rohingnya dan  Mengutamakan Kepentingan Masyarakat Lokal

 

Tangerang, AktualNews - Polemik kedatangan pengungsi Rohingya beberapa hari lalu menuai penolakan warga masyarakat Aceh, Sumut dan Riau. Mereka menuding para pengungsi Rohingya kerap membuat masalah seperti Kabur di pengungsian dan mengeluh ketika diberi makanan.

 

Presiden Republik Indonesia Jokowi mengatakan dalam konferensi pers melalui YouTube sekretariat presiden pada Jum'at, 08 November 2023 mengungkapkan bahwa dirinya memperoleh laporan, semakin banyak pengungsi Rohingya yang masuk ke wilayah Indonesia terutama provinsi Aceh. 

 

Dia juga mengatakan bahwa adanya dugaan kuat keterlibatan jaringan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dalam arung pengungsian etnis Rohingya. Dan Jokowi menegaskan Kepada Pemerintah Indonesia untuk menindak tegas pelaku TPPO tersebut.

 

"Saya memperoleh laporan mengenai pengungsi Rohingya yang semakin banyak, yang masuk ke wilayah Indonesia terutama provinsi Aceh. Terdapat dugaan kuat keterlibatan jaringan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) arus pengungsian, "Katanya.

 

Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia akan terus berkoordinasi dengan organisasi internasional untuk menangani masalah pengungsi Rohingya yang saat ini berada di wilayah Indonesia.

 

"Pemerintah Indonesia akan menindak tegas terhadap pelaku TPPO, dan bantuan kemanusiaan sementara akan diberikan kepada pengungsi dengan mengutamakan kepentingan masyarakat lokal," sambung Jokowi.

 

Sumber:

Berita Terkait